Cincin adalah sebuah simbol ikatan cinta yang abadi. Cincin  perak biasanya didapatkan ketika seorang wanita telah bertunangan, menikah, atau hadiah dari pasangan saat masih berpacaran. Sama halnya dengan cincin emas, cincin perak juga merupakan logam mulia yang mewah, berharga, dan bernilai jual tinggi sehingga kita harus menjaga dan merawat cincin perak sampai kapanpun agar tetap awet dan mengkilap.

 

Merawat cincin perak tidaklah rumit asalkan kita merawatnya secara teratur dan berhati-hati saat menggunakannya. Oke, apakah anda sudah mengetahui cara merawat cincin perak yang benar?

  1. Letakkan cincin di tempat khusus cincin perak.
  2. Jangan letakkan kotak cincin di tempat yang lembab, sebaiknya letakkanlah di tempat yang kering dan sejuk.
  3. Karena perak merupakan logam yang lembut, maka sebaiknya pisahkan cincin perak dengan perhiasan lainnya, seperti emas, palladium, platina, dan lain-lain.
  4. Jangan gunakan cincin perak saat mandi, berenang di kolam renang, dan lain-lain. Karena cincin perak dapat berubah warna apabila terkena zat sulfur, mentol, dan zat chlorida.
  5. Sebelum disimpan ke dalam lemari, simpan cincin perak ke dalam tas kain atau tas kulit. Hidarkan cincin perak dari bahan-bahan kasar lain.
  6. Jangan gunakan cincin perak saat anda berenang di laut. Karena kandungan zat pada air laut dapat merusak cincin perak.
  7. Hindarkan cincin perak dari semprotan parfum.
  8. Sering-seringlah membersihkan cincin perak dengan lap apabila jari anda berkeringat. Gunakan lap yang lembut, sebisa mungkin jangan menggunakan tisu.
  9. Jika cincin perak dalam kondisi kotor atau berubah warna, segera cuci dengan sabun pencuci piring, lalu sikat menggunakan sikat gigi hingga berbusa, kemudian bilas dengan air hingga bersih (lebih baik bila menggunakan pembersih khusus perak).
  10. Cuci cincin perak secara teratur dengan menggunakan kain lembut agar tetap mengkilap.

Cara Membersihkan Cincin Perak

Menggunakan Sabun Pencuci Piring

– Siapkan air hangat di mangkok. Tambahkan beberapa tetes cairan pencuci piring. Lalu rendam cincin selama 15 menit.

– Angkat cincin, gosok lembut dengan sikat gigi bulu lembut bulu, untuk menghilangkan kotoran di sudut dan celah-celahnya. Bilas dengan air hangat, untuk menghilangkan residu sabun.

– Jika cincin telah bersih, keringkan dengan kain lembut. Dan gosok sebentar agar perhiasan bersinar. PERLU DIPERHATIKAN: Cara menggosok dengan lap harus lurus (dari belakang ke depan atau atas ke bawah), jangan melingkar. Gunakan lap lembut (autosol) yang dapat ditemukan di supermarket atau bengkel sepeda motor, bisa juga dengan kain bekas kaos berbahan cotton lembut.

cara membersihkan cincin dan perhiasan perak

Tips Jitu Merawat Cincin Perak Agar Tetap Mengkilap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Selamat datang, nikmati semua pelayanan dari kami Dismiss